Senin, 18 Oktober 2010



Ada sebuah perbincangan kecil yang terus berulang isinya dari jaman SD, SMP, SMA bahkan kuliah ini. Tidak lain berupa tuntutan-tuntutan pada pemerintah. Tapi tuntutan itu hanya berhenti di meja kantin saat istirahat. Apalagi yang dituntut oleh pelajar macam kami selain : fasilitas.

Kadang saya ternganga-nganga atas penggambaran teman-teman saya tentang fasilitas sekolah di luar negeri. Kadang saya terpancing ikut merasa iri pada kemewahan-kemewahan itu. Dari yang seragamnya bebas, karena masa muda masa berekspresi. setiap kelas ada ACnya, ada LCD viewernya, ada lapangan indoor outdoor, ada laptop di tiap meja, guru-guru profesional, bahkan sekolah gratis. Saya sempat bertanya-tanya ada tidak sekolah macam itu di Indonesia? Untuk sekolah berfasilitas itu memang sudah ada, tapi untuk bisa bersekolah di sana, orang tua kita haruslah korupsi uang negara dulu, eh maksdunya kaya raya. Minimal biar nggak malu-maluin kita harus diantar naik terios. Sekolah gratis juga ada, tapi ijasah kita mungkin akan dipertanyakan, karena sewaktu-waktu sekolah itu akan kena gusur.

Tidak-tidak, saya tidak ingin mengkritik kondisi pendidikan di Indonesia. Sudah terlalu banyak yang mengkritik, kasihan tanah air kita kalau selalu dikritik tanpa solusi.


Lalu terketuklah saya membaca sebuah Novel Negeri Lima Menara yang menggambarkan pendidikan ala pesantren Gontor. Sepertinya saya tidak melihat banyak gambaran fasilitas di sana. Tapi entahlah kondisi Gontor yang sekarang.


Setelah mencoba membanding-bandingkan, ternyata fasilitas yang kita tuntut bukan masalah utama pendidikan kita. Saya melihat beberapa teman saya yang pernah bersekolah di sekolah yang katanya termahal di Jakarta. Dia tidak perlu pamer, karena dengan menyebut merk saja, kami pasti bergosip tentang sekolah itu. Tapi tapi tapi, bukannya mau menjelekkan teman saya, karena saya sendiri juga belum lebih baik, jebolan dari sekolah dengan fasilitas wah wah itu tidak menampakkan bahwa sekolah itu memang wah. Saya pikir dengan fasilitas semacam itu dia bisa memenangkan berbagai macam lomba tingkat nasional karena lab juga perlengakapan praktikum lengkap, atau lancar berbahasa Inggris karena seminggu sekali pakai bahasa bule itu. Semoga teman saya memang benar rendah hati sehingga ia tidak hendak memamerkan kehebatannya itu. Tapi maaf saya lebih percaya pada karya nyata. Beberapa kali saya menjumpai orang-orang lulusan Gontor yang menghasilkan minimal satu buku.

Cerita lebih lanjut soal Gontor. Saya teringat waktu mengikuti Jambore Pramuka di Baturaden. Ada satu regu dari Gontot. Regu itu berhasil membuat saya terkesima. Betapa tidak. Saat saya baru bangun, menggeliat menghirup udara dingin, regu Gontor sudah berbaris rapi pulang dari sholat subuh berjamaah. Saat saya baru datang ngantri kamar mandi. Regu gontor sudah necis-necis. Saya pernah mencoba menggebrak regu saya untuk bisa seperti itu. Haha, yang ada kami berbaris dengan mata tertutup (dasar anak SD!).

Sebenarnya tidak hanya Gontor yang menginspirasi saya dalam hal ini. Banyak sekolah-sekolah lain yang berhasil menelurkan bibit unggul dengan segala keterbatasan fasilitas.

Ya, sekali lagi bukan masalah fasilitas yang membuat kita hebat. Tapi bagaimana memanfaatkan seminimal apa pun yang ada menjadi fasilitas untuk belajar. Serta kemauan kita untuk menggunakan fasilitas itu untuk belajar lebih giat.

Allahu'alam.

_________
menyindir diri sendiri ceritanya ini.

45 comments:

  1. kalo dibandingkan vidatra, sd ku g ada apaapanya, des!
    hehe

    BalasHapus
  2. Belajar yg rajin ya Nak...
    *emak2 cuma bisa kasih semangat, itupun hanya kata-apa ini juga berpengaruh ya??*

    BalasHapus
  3. akuhhh udah katammmmm *baca novelnya :D

    BalasHapus
  4. *jadi inget blm selese dibaca d(_ _")b

    BalasHapus
  5. iya klo dibandingin vidatra sma ku juga biasa saja..
    hehe

    harusnya vidatra itu levelnya internasional, cuma sepertinya kurang modal

    BalasHapus
  6. iya makk..
    *ngaruh2 tergantung intonasi ngucapin kalimatnya mbak,, datar atau nada tinggi

    BalasHapus
  7. sip mbak M.. saya sebentar lagi.. sepertinya --"

    BalasHapus
  8. sama.. padahal tinggal dirampungin.. eh malah posting emPe

    BalasHapus
  9. yup,
    gara2 Nana baca ntu nopel, jadi pengen masukin Farrel ke Gontor..
    seriyus..

    BalasHapus
  10. kapan ya film nya muncul? kalo soundtrack nya uda pernah denger..hehe

    BalasHapus
  11. Gontor jadi inget masa SMP, temen2 banyak yang pengin masuk Gontor, saya yang nggakk... hehe

    BalasHapus
  12. Jujur saya kagum dengan sistem pendidikan di Gontor karena saya punya banyak teman lulusan Gontor yg sering berbagi cerita.....

    BalasHapus
  13. vidatra kekurangan dana juga?? -setengah nggak percaya-

    btw, sebenare sy tak terlalu suka dg N5M...tapi secara spirit yg dibawa ok-lah....

    BalasHapus
  14. sip sip.. aku dukung mbak Nana!
    sepertinya aku juga akan mempertimbangkan hal itu.. ^^b

    BalasHapus
  15. oh (baru tw) sudah syuting tho? soundtracknya emang yang mana?

    BalasHapus
  16. hehe.. saya juga. padahal pas lulus SMP udah ditawarin sama bapak. hedew *sedikit menyesal

    BalasHapus
  17. (woot) wah dibagi2 tuh ceritanya Chal.. ^^b

    BalasHapus
  18. secara udah mandiri sekarang
    menurutku sekolah macam vidatra sama ypk itu harusnya udah jadi Bontang International School. ^^V
    *masih negatif thingking sama pemrintah, dana bagi hasil buat bontang dikemanain.

    (lhah malah nuntut fasilitas lagi Des --")

    kita pake perspektif yang berbeda :)

    BalasHapus
  19. enggak. udah pake safety belt (*apa hubungannya)

    BalasHapus
  20. bhuekekkek..*ngebayangin safety belt ngelilit pala*

    BalasHapus
  21. desti, setahu saya APBD Bontang sudah gede untuk kota sekecil Bontang... Dengerdenger sdh 1 Trilyun..

    itu, menurut saya yg awam masalah itu, sdh masuk fantastis... Apalagi pembangunan sdh banyak dibantu Badak sm PKT....

    2 desember ada pilkada. Ikut kah?? he he.. Untuk Bontang yg lebih baik

    BalasHapus
  22. berarti aku harus balik ke Bontang ya?
    selain istri pak walkot calon kuatnya siapa lagi pak? :)

    BalasHapus
  23. jiah. muha, jangan putus asa begitu. masih ada kesempatan untuk hidup kok.

    BalasHapus
  24. Pak Adi Dharma sm Pak isro....

    mmmm..mudah2an seputaran sj biar hemat dana...

    BalasHapus
  25. errr..biarin....pokoke sayah ndak mau keseleo...*halah OOT*..wkwkwkwkwk

    BalasHapus
  26. liad aja nanti, gosip2nya sih mau ada filmnya, tp gtau juga

    BalasHapus
  27. saya dukung doa saja pak dari sini..

    mmm..iya amin..

    BalasHapus
  28. klo dibukunya c ditulis begitu. tapi kok sampe sekarang ndak pernah denger info casting2 gitu ya..

    BalasHapus
  29. Mereka bilang masuk Gontor (Pusat) ternyata nggak mudah, ada tes masuk dan yang nggak lulus nggak bisa masuk atau cuma bisa masuk pondok cabangnya. Disiplinnya ketat.

    BalasHapus
  30. hmm hmm.. baiklah. akan saya persiapkan dengan baik. ^^b

    BalasHapus

  31. Senang rasanya bisa berkunjung ke website anda" mudah-mudahan
    infonya bermanfaat Terimakasih sudah berbagi

    BalasHapus

feel free to comment ^^d