Selasa, 12 Oktober 2010



Terinspirasi dari arisan kata ala MP. Iseng iseng saya bikin juga di plurk. Jadi begini deh. NB :  Kalau mau liat jelas di klik aja gambarnya.




Apa itu Plurk? (*kayaknya udah banyak yang tau)
Saya baru beberapa bulan gabung di jejaring sosial ini. Awalnya diprovokasi sama Mbak Sarah. Pertama bingung gak punya teman. Tapi lama-lama asik juga. Ada satu hal yang bikin bersemangat berada di sana, yaitu Karma dan Emoticon. Emoticon unik yang nggak ada di dunia MP apalagi fesbuk. Kalau mau dapet emoticon harus punya karma tinggi. Tampilan plurk berbentuk timeline jadi semacam jurnal. Lebih jelasnya langsung aja ke : www.plurk.com eh tapi harus daftar dulu dink. klo mau liat contohnya boleh tengok digambar ni.



Sengaja saya setting untuk orang-orang yang saya tahu atau kenal di komunitas tertentu. Tidak sebanyak fesbuk (*kabarnya semakin saya tinggalin semakin banyak yang add. huex sombong. hedew jadi bingung.)

Arisan kata ala Plurk, gimana?



Kirain nggak ada yang minat sama ide aneh saya itu. Ternyata eh ternyata ada juga. Secara sukarela tanpa paksaan pada daftar ke dalam jamaah dakwah *eh arisan plukers itu. 

Sejujurnya saya juga bingung mau ngasih kata kunci apa untuk tema KEMENANGAN. Setelah bertapa lima menit akhirnya tercetus : DIMULAI DARI SINI






Dan tahukah apa yang terjadi selanjutnya?






Keributan pun terjadi. Tidak seperti MP yang kalau salah komen bisa diedit. di plurk salah komen artinya dibiarkan atau dihapus diganti yang baru.

Dinamikanya lebih natural. Emoticonny ekspresif. 
Ada juga yang mungkin merasa "nggak penting Des!" ngapain arisan begituan? kurang kerjaan. hehe








Banyak hal menarik yang saya amati disana.

1. Plukers terdiri dari berbagai macam latar belakang : gender, usia, spesialisai, tapi masih satu iman.
2. Kecepatan koneksi tiap plukers beda-beda : ada yang pakai hape, ada yang pakai sp****, ada yang pakai sm***, dan berbagai modem2 lainnya.
3. Plukers juga punya kepentingan lain selain ngurusin arisan, yaitu ngurusin plurknya sendiri.
4.  Ada tata aturan saling komen di tret : jika sudah melewati jam 21.00 artinya plukers akhwat/putri harus offline. Jika ketahuan masih beredar maka kami punya satpam keamanan yang bernama NOTPLURKPATROL *siap2 kena warning!

Kondisi-konsidi itu menyebabkan hal-hal berikut tidak dapat dielakkan :
1. Ada yang sudah komen duluan, eh masih ada yang lebih dulu, jadi harus mengalah. 
2. Ada yang merasa benar, padahal setelah dicek jelas salah.
3. Ada yang bingung bagaimana melanjutkan kata terakhir dan merangkainya dengan dua kata baru. 
4. Ada plukers baru login tiba2 nyambung arisan tanpa baca aturan, jadi bikin gempar.
5. Ada yang melanggar batas jam malam eh malah jadi kacau.
6. Karena kekacauan itu, ada yang sempat tidak yakin dengan hasil akhir dari arisan ini. 

Semakin disambung kata-kata semakin tidak jelas mau dibawa kemana hubungan kita *eh mau sampai kapan arisan ini akan berakhir. Aturan tujuh hari dirasa terlalu lama, setelah musyawarah, jadi 2x24 jam saja sudah cukup membuat peserta menurun produktifitasnya. Saya juga hampir menyudahi arisan itu sebelum tenggat waktu karena dirasa sudah cukup banyak urunan kata. Saya pikir ini kondisi yang sangat natural dimana seringnya kita begitu bersemangat di awal namun diakhirnya mengalami kefuturan, apalagi dengan ketidakjelasan arah. Arisan itu tidak punya pemimpin yang diangkat secara musyawarah anggota, hanya ada aturan yang dibuat oleh saya sebagai pengusul. Saya juga heran mengapa mau-mau saja menuruti hal itu. Mungkin ini yang disebut kepercayaan. Keserabutan terjadi tapi semua tertangani dengan baik karena pada nggotanya terdapat jiwa-jiwa pemimpin yang bertanggung jawab, dimana tidak segan-segan mengingatkan jika ada kekeliruan. Tidak peduli dia siapa. Juga mengaku salah jika memang begitu adanya. Kesadaran komunitas yang tinggi, kalau saya bilang. 

Yang paling menarik, versi saya..
Saya pasang tema KEMENANGAN
Perhatikan baik-baik kata-kata yang muncul dalam kerangkeng kemenangan. Sampelnya ada di kata warna hitam, kalau baca semua kata lebih baik. Secara sadar atau tidak konsep kemenangan itu menggiring kita untuk menggunakan kata-kata yang positif. Ada beberapa saja yang menurun yaitu berkaitan dengan keraguan. Saya rasa itu adalah hal yang lumrah ketika mencapai sebuah kemenangan. Tidak selamanya indah. Akan tetapi "kurungan" kemenangan membuat kita bersikap lebih positif untuk tujuan positif. Kalau saya sendiri merasakan begini : kata apalagi yang akan membawa kemenangan.

Finally, inilah hasil arisan itu.

Klik gambar untuk memperjelas.


Sebagai penutup saya ada sedikit argumen paksaan
Menjadi sukarela itu tidak mudah. Ditambah lagi ada konsekuensi aturan yang harus dijalani. Akan tetapi kita semua tahu bahwa kita sedang merangkai bait bait kemenangan. Terkadang kita tidak sabar untuk segera mengetahui hasil akhirnya. Mungkin tidak seindah yang kita bayangkan, tapi itu hanya sudut pandang kita. Keindahan itu terletak pada proses, karena hasil akhir hanyalah bentuk kebersyukuran. Saya tidak akan pernah bisa merangkai kemenangan itu sendirian, kalau pun bisa, akan terlihat bodoh nge-tret sendirian gajebo, juga tidak akan seindah jika dilakukan bersama. Karena kawan akan datang dengan kata semangat baru yang tidak pernah kita duga, untuk menopang kepercayaan. Sebagaimana fungsi jejaring sosial, selayaknya ia menjadi wadah menghimpun kebaikan saling menyemangati. Dalam Dekapan plUrkhuwah kita merangkai serpihan kata kemenangan.

Quote kata-kata sampul DDU kemudian dimodifikasi untuk DDpU 

Dalam dekapan plUrkhuwah, kita mengambil cinta dari langit. Lalu menebarkannya di plurk. Sungguh di surga, menara-menara cahaya menjulang untuk hati yang saling mencintai. Mari membangunnya dari sini, dalam dekapan plurkuwah.


Penghimpun kata : bung_tomo (Pak Tomo), taftazani (Pak Iqbal), new_ayyah (Mbak Danti), yohang.tuing! (Yohang), yulianapuspita (Yuli), minorAngel (Arif), din_don (Dini), blossompurple (Mbak Wulan), Aufklarung (Pak Muhandis). 



___________
NB : maap kalau agak alay, maksa, geje, n gak penting (*bg yg g punya plurk) . cuma pengen share saja.




30 comments:

  1. belom punya plurk.. *.* jd ndak ngerti

    BalasHapus
  2. lucu-lucu,, kadang ngakak sendiri ketika awal2 ide ini disosialisasikan,, trus dijalankan (lmao)

    setelah dirangkai ternyata cukup bagus malahan,, padahal tak kira bakal GJ (okok)

    BalasHapus
  3. search plurk nya Riham ya! kita udah punya lhoooo

    BalasHapus
  4. wkwkwkk... gueje abes seh... :D tpi apik og.. :p

    BalasHapus
  5. tp gak aktip, aku dah tengok kapan itu... :p

    BalasHapus
  6. hehe. tidak perlu dipaksakan muh. :))

    BalasHapus
  7. jiah istilahnya "ambassador". sebutan biasanya c super plukers. heheheh ;p

    BalasHapus
  8. iya. sama. (LOL) ketawa2 sendiri.
    tak pikir yo bakal gajebo.
    peraturannya perlu diganti. yg puisi punya pak aufkarung n mbak danti itu bagus spertinya :)

    BalasHapus
  9. oh. namanya apa ya. hmm.. iya d entar dicari ^^b

    BalasHapus
  10. iya mbak. emang rada' aneh diposting d MP. hihi

    BalasHapus
  11. ya sudah gpp pak. gak dosa kok.

    BalasHapus
  12. (Imao)
    apakah akan berlanjut? (ninja)

    BalasHapus
  13. Aq sng dg aturan jm 9 msti offline u akhwat, mstinya gt jg y des d fb maupun mp atw mana2. Jd lebih aman u smwnya

    BalasHapus
  14. hehe. siapakah yang akan jadi satpam patroli MP? apakah Desta mau? :D

    BalasHapus
  15. we emang udah punya ninja nti? aku dong udah... xixixi...

    kita liat aj nnti... (thinking)

    BalasHapus
  16. aku jg punya!! add aku ya: alifah_h (tongue)

    BalasHapus
  17. ih lucuu! Aku jg ada plurk loh (hihi pdhl ga ada yg nanya ;p )

    BalasHapus
  18. hehe iya..jarang dipake, kebanyakan media silaturahim, jadi bingung yang ngurusi :p

    BalasHapus
  19. oke oke... udah di add fa..
    eh theme qt sama ternyata.. wall-E
    ^^b

    BalasHapus
  20. hehehe.. iya siapa ya yg nanya?
    *oya salam kenal Dania, bener kan panggilannya Dania.. :D

    BalasHapus
  21. _Riham

    hedew. sepertinya salah quote. (- - ")
    istiqomah saja pake MP ham..hehe ^^

    BalasHapus
  22. bener kok panggilannya daniaa.. hoho
    hihi salam kenal juga yaa mbaakkk destii :D
    *eh aku ga salah kan panggil mbak desti? ;p

    BalasHapus
  23. siiip deh ^^b
    *eh dan,, liat PM yaa

    BalasHapus
  24. issshhh... emoticonku pada ngilang gara2 g ku freeze wkt KKN.
    jadi ngulang lagi dari awal. huhuhuuw.

    oke! perlu ganti peraturan nampaknya. biar g bosen :p

    BalasHapus
  25. udah aku bukaa kokk, udh di reply juga malahaann.. Heheheh.. :)

    BalasHapus

feel free to comment ^^d