Kamis, 03 Juli 2014

Bagi si B, ia akan terus memberikan sedekah karena dia tidak melakukannya dengan maksud memperpanjang usianya melainkan dengan maksud menggunakan kesempatan terakhirnya untuk bersedekah. Karena pemaknaan yang berbeda membentuk sistem nilai yang berbeda pula, maka kita perlu mengambil pemaknaan yang paling benar dalam setiap peristiwa. Pemaknaan yang paling benar adalah pemaknaan yang berlaku universal dan membuka peluang untuk implikasi yang paling luas. Kembali pada gambar kotak-kotak di atas, semakin luas Anda memaknai apa yang dimaksud persegi panjang maka semakin banyak pula persegi panjang yang Anda dapatkan. Sebaliknya, semakin sempit Anda memaknai apa yang dimaksud dengan persegi panjang maka semakin sedikit pula persegi panjang yang akan Anda dapatkan. Itulah misteri kehidupan. Sebagian orang memaknai hidup ini lebih sempit, dan sebagian orang memaknai hidup ini lebih luas. Orang yang memaknai hidup ini lebih luass (atau lebih dalam) akan memiliki kualitas hidup lebih baik seperti halnya ia akan mendapatkan lebih banyak kotak dalam gambar di atas.

Lalu bagaimana caranya agar kita bisa memperluas (memperdalam) pemakanaan dalam hidup ini? Ada lima saran praktis saya. 

Yang pertama, gunakan lebih banyak sudut pandang (multi perspektif). Kita mungkin tidak bisa memahami  kenapa seseorang berbuat sesuatu karena selama ini kita selalu melihatnya dari perspektif kita. Cobalah kita menggunakan perspektif orang tersebut, maka kita akan lebih mudah memahaminya.

Yang kedua, gunakan rentang waktu (time horizon) yang lebih panjang. Seringkali kita mudah terjebak kepada sasaran-sasaran jangka pendek tanpa memperdulikan konsekuensinya ke depan. Cobalah untuk memperpanjang time horizon Anda maka Anda akan menemukan makna yang lebih luas dari sebuah kejadian.

Yang ketiga, lihatlah gambar yang lebih besar. Seperti halnya gambar kotak-kotak di atas, bila Anda terlalu asyik melihat masing-masing kotak yang bernomor 1 sampai 25 itu, maka Anda mungkin akan lupa bahwa ada kotak yang lebih besar yang bisa dihasilkan dengan cara menyusun kotak-kotak yang kecil menjadi sebuah kotak-kotak yang lebih besar.

Yang keempat, carilah pemaknaan-pemaknaan yang baru. Kembali kepada gambar kotak-kotak di atas, Anda akan menemukan bahwa persegi panjang tidak harus memiliki ukuran panjang dan lebar yang sama apabila Anda mau menyusun bentuk yang baru diluar kotak-kotak yang telah ada Kotak memiliki batasan panjang harus sama dengan lebar tapi dengan mencari bentuk yang bary, akhirnya Anda akan menemukan ada banyak persegi panjang yang bentuknya tidak kotak pada gambar tersebut. 

Yang kelima, pilihlah pemaknaan yang paling jujur. Kita bisa saja menarik pemaknaan sesuka hati kita namun pemaknaan yang tidak jujur tidak akan membuat kita menjadi orang yang lebih baik, sebaliknya justru membuat kita semakin terpuruk.

Bersambung ...

0 comments:

Posting Komentar

feel free to comment ^^d